PELAYANAN PEMERIKSAAN KHUSUS, PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN TB
Persyaratan :
1. Pasien membawa copy nomor antrian unit pelayanan umum kasus TB dari loket pendaftaran
2. Pasien membawa rujukan lama/ surat keterangan dari dokter spesialis/ hasil pemeriksaan dari luar puskesmas Sukodono yang terbaru BILA ADA
3. Membawa kartu BPJS/ KIS faskes pertama SUKODONO bagi yang memiliki
4. Membawa kartu kontrol pasien TB (TB-02)
Prosedur :
1. Pasien datang dan menunggu di ruang tunggu pelayanan P2-TB
2. Petugas memanggil pasien sesuai urutan
3. Perawat mengukur tinggi badan, berat badan dan vital sign pasien dan melakukan anamnesa
4. Perawat melakukan pemeriksaan dan tata laksana
5.
A. Pasien yang membutuhkan tindakan / pemeriksaan khusus :
1. Dokter/ perawat membuat rujukan internal dan / pengantar laboraturium sesuai prosedur
2. Pasien menuju unit rujukan
3. Pasien memberikan hasil rujukan kepada dokter/perawat pemeriksa
4. Pasien mendapatkan terapi selanjutnya
5. Dokter memberikan resep obat sesuai prosedur
6. Pasien menuju ruang farmasi
B. Pasien yang harus dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis “
1) Dokter menuliskan advis pada rekam medis dan diberikan kepada pembuat rujukan
2) Petugas membuat rujukan keluar sesuai prosedur
3) Dokter memberikan resep obat bila perlu
4) Pasien menuju ruang farmasi
C. Pasien yang membutuhkan Rawat Inap :
1) Dokter menuliskan advis pada rekam medis
2) Perawat melaksanakan advis dokter sesuai prosedur
3) Perawat mengantarkan pasien menuju Ruang Rawat Inap
D. Pasien yang membutuhkan Rawat Jalan :
1) Dokter memberikan resep obat kepada pasien sesuai prosedur
2) Pasien menuju ruang farmasi
Waktu Pelayanan :
10-30 menit (bila tanpa rujukan internal) 30- 120 menit (bila dengan rujukan internal) Sejak dipanggil
Biaya :
- Pasien dengan BPJS/ KIS SUKODONO/ dan /KTP Sidoarjo : Gratis
- Pasien Umum (Pasien ber KTP/KK di luar Kabupaten Sidoarjo) : sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 82 Tahun 2020 tentang tarif layanan pada Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo seperti terlampir
Produk :
1. Resep Obat
2. Rekaman kunjungan di lembar TB-02
3. Rujukan keluar ke dokter spesialis
4. Hasil pemeriksaan rujukan internal dan / laboraturium
Pengelolaan Pengaduan :
1. Penyampaian langsung
2. Kotak saran
3. Telepon : (031) 8831882
4. Whats app : 085606082978
5. Email : pkmsukodono15@gmail.com
6. Google review : Puskesmas Sukodono Sidoarjo
PENGELOLAAN PELAYANAN (MANUFACTURING)
Dasar Hukum :
1. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2. Peraturan Bupati Nomor 82 Tahun 2020 tentang tarif layanan pada Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo
Sarana dan Prasarana, dan atau Fasilitas :
1. Ruang pelayanan
2. Meja periksa
3. Kursi tunggu pasien
4. Kursi periksa pasien
5. Tempat tidur periksa pasien
6. Komputer dan Printer
7. Jaringan internet
8. Rak arsip
9. Set ATK
Kompetensi Pelaksana :
1. Penanggung jawab layanan memiliki pendidikan minimal D3 keperawatan dan memliki kompetensi pelatihan P2-TB
2. Pelaksana layanan memiliki pendidikan minimal D3 keperawatan dan memliki kompetensi pelatihan P2-TB
3. Pegawai yang mampu menyampaikan informasi secara lengkap, terbuka, bertanggung jawab serta santun
4. Pegawai yang mampu mengoperasikan komputer
Pengawasan Internal :
1. Dilakukan berjenjang oleh Penanggung Jawab UKP dan Kepala Puskesmas
2. Dilakukan secara berkelanjutan Jumlah Pelaksana : Minimal 1 (satu) orang tenaga kesehatan dengan pendidikan DIII keperawatan dan kompetensi tambahan pelatihan TB
Jaminan Pelayanan :
1. Pemberi pelayanan poli umum-TB merupakan tenaga yang berkompeten dan memberikan pelayanan yang memuaskan (kecepatan, ketepatan, kenyamanan dan kesembuhan)
2. Waktu layanan : 10-30 menit (bila tanpa rujukan internal) dan 30-120 menit (bila dengan rujukan internal)
3. Kepuasan pelanggan
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan :
1. Tidak terjadinya kesalahan dalam tata laksana pasien
2. Pengurangan terjadinya resiko infeksi di Puskesmas dengan 6 langkah cuci tangan dan penggunaan APD
Evaluasi Kinerja Pelayanan :
1. Secara berkala dilaporkan melalui laporan kinerja Puskesmas
2. Evaluasi melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)